Jumat, 19 Februari 2010

Jadikanlah bumi sebagai tempat bermanja (ingan ergani)

Makna apakah yang terkandung dalam "Menjadikan bumi sebagai tempat bermanja" seperti yang dicita-citakan dalam blog ini? Penulis berkeyakinan hal itu harus dimulai dari lingkungan diri sendiri lalu berlanjut ke lingkungan hidup di bumi ini, silahkan mengikuti.

Lingkungan pribadi,

Bermanjalah dengan dirimu sendiri dengan selalu mengucap syukur kepada Tuhan, Sang Pencipta langit, bumi dan segala isinya, karena Sang Pencipta telah menciptakan dirimu, melengkapi dengan karunia atau talenta untuk dipakai sebagai alat mencukupkan kebutuhan hidup mu dan kepentingan kehidupan bersama. Nikmatilah setiap usaha mengembangkan karunia atau talenta tersebut setinggi mana yang kamu mau, karena itu akan menyenangkan Dia, Sang Pencipta, dan berguna bagi kepentingan seluruh ciptaannya umat manusia.

Lingkungan keluarga,

Bermanjalah dengan istri dan anak-anakmu dalam ucapan syukur karena Dia, Sang Pencipta, memberikan cinta dalam hidup keluargamu. Nikmatilah kemesraan bersama istrimu dan kebahagiaan bersama anak-anakmu dengan terus membangun cinta, kasih sayang dan kebersamaan untuk berbuat bagi orang lain melalui setiap karunia dan talenta yang dikaruniakan Sang Pencipta kepada kita. Istrimu akan menjadi kesukaanmu bagaikan pohon anggur dan anak-anakmu akan tumbuh bagaikan pohon zaitun yang membawa keharuman dan kekuatan.

Lingkungan kerja

Bermanjalah dalam lingkungan kerja yang nyaman dan bersahabat dengan teman sekerja serta membangun semangat untuk menghasilkan karya maupun produk bagi kepentingan bersama. Cintailah kebersamaan dan keinginan mencapai hasil kerja yang bermutu, produk yang berkualitas, layanan jasa yang prima bagi kepentingan bersama dan orang lain karena dia akan berbalik memberi upah dan kenikmatan kepada mu.

Lingkungan sosial masyarakat

Bermanjalah dengan lingkungan sosial masyarakatmu, baik spiritual maupun masyarakat, dengan saling menghargai dan menghormati sesama ciptaan Sang Pencipta. Jangan ada yang memperdaya satu sama lain, baik golongan atau kelompok ataupun bangsa yang dipacu oleh rasa benci, balas dendam, perlakuan tidak adil. Nikmatilah lingkungan sosial kemasyarakatan dalam kebersamaan, keberagaman dan kedamaian karena dia akan berbalik memberikan kenikmatan dalam hidupmu.

Lingkungan hidup,

Bermanjalah dengan bumi sebagai lingkungan hidupmu karena Sang Pencipta menciptakannya untuk membuat hidupmu sehat, layak, bersahaja dan mampu menghasilkan hal-hal yang positif dan berguna untuk kepentingan bersama umat manusia. Rawatlah lingkungan hidup, beraktivitaslah tanpa merusak, bangunlah lokasi industri maupun perumahan yang ramah lingkungan dan asri, kendalikan buangan CO2 ke udara, jangan menggundulkan hutan dan gunakanlah energi yang ramah lingkungan dan berisiko serendah mungkin. Dengan demikian engkau dapat menjadikan bumi sebagai tempat bermanja bagi dirimu dan sesama umat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar