Jumat, 21 Mei 2010

Menyimak Pertemuan Teknis Produksi Hidrogen


Pertemuan teknis “Prospek Produksi Hidrogen Menggunakan Elektrolisa Suhu Rendah dan Suhu Tinggi baru saja berlangsung pada tanggal 17-19 May 2010. Pertemuan ini dihadiri oleh Negara-negara seperti Canada, China, Perancis, India, Italy, Pakistan, Rusia, USA, OECD. Pertemuan ini membahas secara teknis perkembangan teknologi pemanfaatan reaktor daya atau PLTN baik skala kecil-menengah maupun skala besar untuk mengahasilkan hidrogen. Produksi hydrogen ini dapat dihasil dengan cara elektrolisis, siklus termokimia, dan siklus yang dikenal dengan nama siklus Tokyo University yang mengandalkan empat langkah reaksi. Untuk cara elektrolisis diperlukan energi baik rendah maupun tinggi dan dalam hal diperlukan energi tinggi maka diperlukan suatu jenis reaktor nuklir yang berdaya tinggi pula, seperti HTGR (High Temperature Gas Cooled Reactor).
Keberhasilan untuk melakukan produksi hydrogen dengan menggunaan PLTN sesungguhnya masih jauh dari sudut implementasi, akan tetapi selama pertemuan terlihat semangat para peneliti dan perancang untuk dapat mewujudkannya. Akan kah ini tercapai mari kita tunggu hasilnya. Namun yang menarik adalah bagaimana suatu organisasi internasional IAEA dapat memfasilitasi suatu penelitian yang akan dimanfaatkan untuk tujuan damai dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat.
Hal yang sama juga berlaku terhadap penelitian-penelitian yang terkait dengan pembangkit listrik tenaga nuklir atau dikenal dengan nama PLTN dimana berbagai dokumen berupa petunjuk teknis, dokumen teknis, code and standard, safety series, safeguards, emergency preparedness, physical protection, laporan-laporan pertemuan teknis dan lain-lain telah disusun dan disebarluaskan untuk menjamin pembangunan dan pengoperasian PLTN yang aman dan selamat. Masihkah kita meragukan akan keselamatan PLTN? Menurut saya tidak perlu ragu, tetapi dalam rangka kehati-hatian perlu tetap diterapkan evaluasi dan monitoring melalui pertemuan-pertemuan teknis maupun pemeriksaan lapangan. Mari terus berinovasi untuk menggunakan sumber energi bertenaga nuklir dengan tetap menyimak pada perkembangan teknologi saat ini, termasuk penggunaannya untuk keperluan lain di luar kelistrikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar